logo blog

Apa itu Teknik Informatika??

Apa itu Teknik Informatika??


Teknik Informatika.



Apa itu Teknik Informatika??

Sebelum saya menjelaskan tentang Teknik Informatika, kata Informatika berarti Kumpulan Disiplin Ilmu Sains dan rekayasa yang secara khusus menangani Masalah Transformasi atau pengolahan fakta berlambang (data atau Informasi) dengan menggunakan fasilitas mesin otomatika (Komputer).

Ciri yang paling dominan dari Informatika adalah Logika dan Sistematika

Teknik Informatika adalah Kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer.


Bidang-bidang dalam Teknik Informatika

1. Basis Data

         Basis Data adalah Kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan suatu informasi.




2. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)

        Rekayasa Perangkat Lunak adalah Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain , pengkodean,  pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.



3. Jaringan Komputer

       Jaringan Komputer adalah Sekumpulan Komputer berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan peralatan.



4. Grafika Komputer

         Grafika Komputer adalah suatu bidang ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan atau manipulasi gambar (visual) secara digital.




5. Kecerdasan buatan ( Artificial Intellegent)

         Kecerdasan Buatan adalah Suatu bidang ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia.





6. Pengolahan Citra

       Pengolahan Citra adalah Pemrosesan Citra, khususnya menggunakan komputer agar mejadikan citra yang kualitasnya lebih baik sesuai keinginan pemakai.




7. Komputasi

        Komputasi adalah Suatu bidang ilmu yang gunanya untuk memecahkan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma.


8. Sistem Informasi

       Sistem Informasi adalah kombinasi dari setiap unit yang di kelola (Brainware), Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software), Jaringan komputer , jaringan komunikasi data dan Basis data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi ke Pengguna.






http://husnuboys.blogspot.com/

Share this:

Enter your email address to get update from HusnuBoys.

Enter your email address:

Delivered by HusnuBoys

33 komentar

makasih kunjungannya gan :)

bermanfaat sekali gan,saya juga masuk dalam dunia RPL

bisa nih saya belajar dari anda gan

Wah ini info yang sangat bermanfaat untuk saya yang baru mengenal gituan,, makasih min sudah berbagi informasi.

thanks ilmunya gan, ijin bookmark ya

Oke sama" gan
silahkan :)

Wah, ini adalah jurusan yang paling saya inginkan saat kuliah gan. Tapi sayang saya gak masuk di jurusan Teknik Informatika :(

Thanks infonya sob

emang kenapa gan kok gak bisa masuk Teknik Informatika

iyah sama" gan

Makasih gan.. Buat referensi ane nih yang kepengen masuk ke Teknik Informatika..

oke sama" gan kalo udah masuk Teknik Informatika
kita bisa belajar bersama

owalah ini toh yg nama nya teknik makasih info nya gan :D

wah..Alhmdulillah...dlu wktu SMK ane msuk jrusan Rekayasa Perangkat Lunak..Sekarang kuliah msuk jrusan Sistem Informasi... :D
thanks info gan..jadi lebih tau ane tentang jrusan2 nya..

Keren infonya, ane suka di bidang jaringan :D
izin bookmark

iyah silahkan
makasih udah mampir di blog saya :)

wah mantap lengkap sekali, kayanya TI lebih lengkap ya :D nice post gan :D

Info yg menarik utk tambah pengetahuan, good luck..

Nice Info Gan Makasih...

keren nih,, kebetulan saya di TI

sip pas saya jurusan TKJ

iya gan,, kita bisa sama" belajar

wah pas banget nih artikel kebetulan saya juga anak tkj hehe..
thanks gan nice info

sangat bermanfaat gan... di tunggu update terbarunya

thanks infonya gan.

Meskipun IT JUrusan saya. ini memang sangat sulit.
salam Mas Semut

ohhh gitu ya gan sip nambah ilmu nih..

ane pernah kepikiran mau masuk jurusan kaya gini, eh ternyata didaerah saya gak ada jurusan kaya gini -_-

Siapp masuk jurusan ini, tahun depan

maksih infonya gan bermanfaat ne jd tau

Makasih infonya gan.. Artikel yang bagus..

Copyright © 2015. Husnu Boys - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger